Minggu, 03 Januari 2016

Istilah dalam ilmu lingkungan

MANUSIA DAN LINGKUNGAN
(Istilah dalam Ilmu Lingkungan)

Anisa Septriani
Nandito Wahyu
Teknik Industri


Istilah dalam ilmu lingkungan yaitu AMDAL, ECO PRODUCT, ISO 14001dan LCA (LIFE CYCLE ASSESMENT).


ILMU LINGKUNGAN
Pengertian Ilmu Lingkungan adalah Ilmu yang mempelajari tentang lingkungan hidup yang merupakan perpaduan konsep dan asas berbagai ilmu terutama Ekologi, yang bertujuan untuk mempelajari dan memecahkan masalah yang menyangkut hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ilmu Lingkungan merupakan penjabaran Ekologi. Ekologi merupakan sebagai dasar Ilmu Lingkungan. Berikut ini adalah beberapa istilah dalam ilmu lingkungan yaitu AMDAL, GREEN INDUSTRY, ECO PRODUCT, ISO 14001dan LCA (LIFE CYCLE ASSESMENT).

AMDAL (ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN)
AMDAL merupakan kajian dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup, dibuat pada tahap perencaan, dan digunakan untuk pengambilan keputusan.
Hal-hal yang dikaji dalam proses AMDAL meliputi aspek fisik-kimia, ekologi, sosial-ekonomi, sosial-budaya, dan kesehatan, masyarakat sebagai pelengkap studi kelayakan suatu rencana usaha dan atau kegiatan.
Amdal bukan sebagai alat serbaguna yang dapat menyelesaikan segala persoalan lingkungan hidup. Efektivitas amdal sangat ditentukan oleh pengembangan berbagai instrument lingkungan hidup lainnya.
Fungsi dari AMDAL :
  • Sebagai bahan perencanaan dalam pembangunan wilay
  • Sebagai langkah dalam membantuk proses dalam mengambil keputusan terhadap suatu kelayakan lingkungan hidup pada rencana usaha dan atau kegiatan,
  • Sebagai bahan saran dalam proses menyusun rencana untuk pengelolaan dan memantau lingkungan hidup agar tetap lestari,
  • Sebagai sarana dalam memberikan informasi kepada masyarakat atas dampak yang akan terjadi atas rencana kegiatan yang akan dilakukan
  • Sebagai usaha dalam merekomendasikan izin usaha
  • Sebagai Scientific Document dan Legal Document dan sebagai pemberi izin kelayakan lingkungan.

Berikut ini adalah manfaat AMDAL yaitu sebagai berikut:
·         Manfaat AMDAL Kepada Pemerintah 
Mencegah terjadinya kerusakan dan pencemaran lingkungan, agar terhindar dari konflik dengan masyarakat jika terjadi pembangunan, agar dapat menjaga pembangunan dan dapat menerapkan prinsip pembangunan yang berkelanjutan dan membantu pemerintah dalam mengelola lingkungan hidup.

  • Manfaat AMDAL Kepada Pemrakarsa atau Pemilik Perusahaa
    • Agar dapat menjamin adanya kelangsungan usaha dapat dijadikan acuan dalam peminjaman kredit dan terjadi hubungan yang saling menguntungkan dengan masyarakat sekitar sebagai bukti ketaatan hukum
  • Manfaat AMDAL Kepada Masyarakat 
    • Dapat mengetahui dampak yang terjadi pada suatu kegiatan proyek, agar dapat melakukan kontrol pada pembangunan proyek dan dapat terlibat dalam mengambil keputusan ijin pembangunan

Jenis-jenis AMDAL :
1.AMDAL Tunggal
2.AMDAL Terpadu
3.AMDAL Kawasan

ECO PRODUCT

Eco Product adalah suatu barang yang dibuat dengan memperhatikan dampaknya baik terhadap manusia ataupun lingkungan secara jangka pendek maupun jangka panjang. Juga memperhatikan hal-hal lain seperti efesiensi penggunaan energi, lama pemakaian, lama penguraian dalam tanah dan juga dapat didaur ulang.
Eco Product penyelamat masa depan bumi kita. Pada era sekarang ini, kesadaran akan kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh manusia tumbuh di kalangan masyarakat, pemerintah, dan juga kalangan pemilik industri khususnya. Atas dasar kesadaran inilah kalangan pemilik industri melakukan upaya menyediakan barang dan jasa yang ramah  terhadap lingkungan atau disebut dengan Eco Product.
Perusahaan appliance terkemuka asal Jepang menyatakan bahwa eco-product  adalah produk yang memenuhi  8 penilaian yaitu pengurangan berat produk, dapat didaur-ulang, durabilitas produk yang lama, mudah dibongkar-pasang, konservasi lingkungan, siklus energy dalam produk yang efisien, Keterbukaan informasi produk dan bahan kemasan yang ramah lingkungan.
Berikut ini adalah beberapa contoh dari Eco Product yaitu kantong plastik ramah lingkungan dan lampu LED.

ISO 14001 
ISO 14001 adalah sebuah spesifikasi internasional untuk sistem manajemen lingkungan (SML) yang membantu perusahaan mengidentifikasi, memprioritaskan, dan mengatur risiko-risiko lingkungan sebagai bagian dari praktek bisnis normal. ISO 14001 bisa diterapkan di seluruh organisasi tanpa memandang besaran dan lokasi geografis. 
Sertifikasi ISO 14001 memberikan sejumlah manfaat untuk perusahaan yaitu:


  • Mengurangi biaya, karena ISO 14001 menuntut komitmen perbaikan terus menerus, maka penetapan obyektif dari perbaikan tersebut akan membantu mendorong penggunaan bahan mentah yang lebih efisien sehingga biaya bisa dikurangi.
  • Mengatur kepatuhan terhadap hukum, sertifikasi ISO 14001 bisa membantu Anda dengan cara mengurangi upaya yang dibutuhkan untuk mengatur kepatuhan hukum dan dalam manajemen risiko-risiko lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan Anda.
  • Mengurangi duplikasi upaya; sistem manajemen Anda bisa digabungkan dengan persyaratan ini dan standar manajemen lainnya menjadi sebuah sistem bisnis tunggal yang bisa mengurangi duplikasi dan biaya.
  • Mengelola reputasi Anda, sertifikasi ISO 14001 dapat membantu mengurangi risiko yang terkait dengan biaya atau merusak reputasi Anda yang berhubungan dengan pembersihan atau litigasi dan membangun citra publik Anda terhadap klien, badan pengawas dan pemangku kepentingan kunci.
  • Menjadi pemasok pilihan & menambah manfaat kompetitif; sertifikasi ISO 14001 memungkinkan Anda untuk bekerja dengan perusahaan yang menggarisbawahi dan mengutamakan perusahaan yang ramah lingkungan.
  • Kemudahan berintegrasi; ISO 14001 berbasis sistem manajemen - standar ini didukung oleh siklus 'Plan Do Check Act' sama dengan standar sistem manajemen lain yang bisa digabungkan dengan ISO 9001 (mutu), OHSAS 18001 (Kesehatan dan Keselamatan) dan standar berbasis sistem manajemen lainnya.
Tiga standar berhubungan dengan evaluasi organisasi, yaitu
·    ISO 14001 (Sistem Manajemen Lingkungan),
·    ISO 14010-12 (Audit Lingkungan) dan
·    ISO 14031 (Evaluasi Kinerja Lingkungan).
Sedangkan tiga standar yang berkaitan dengan evaluasi produk adalah
·         ISO 14020-24 (Label Lingkungan),
·         ISO 14040-43 (Penentuan Siklus Hidup atau Life Cycle Assessment) dan
·         Aspek Lingkungan dalam Standar Produk.

LIFE CYCLE ASSESSMENT (LCA)

Life Cycle Assessment (LCA) adalah teknik untuk menilai aspek lingkungan yang potensial dan aspek potensial yang terkait dengan produk(atau jasa), dengan cara:

  1. Inventarisasi input dan output yang relevan
  2. Mengevaluasi dampak lingkungan yang potensial yang terkait dengan apa yang mereka input dan output

     
       Ernawati.. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Erlangga
       http://www.acsregistrars.com/iso-14001
       http://www.iso.org/iso/home/standards.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar